Rabu, 15 Desember 2010

1.2 Sejarah Bahasa Kawi



Sumber sejarah Bahasa Kawi terutama berdasarkan piagam-piagam dan prasasti lama. Sumber tertulis yang paling tua mengenai BahasaKawi (Jawa Kuno) ditemukan di Sukabumi, sehingga disebut Prasasti Sukabumi. Pada prasti itu terdapat penanggalan sebagai berikut: "Tahun 726 Saka, Bulan Caitra, hari kesebelas paro terang, hari Haryang, Wage, Saniscara...". Prof. Dr. P.J. Zoetmulder menyimpulkan berdasarkan prasasti tersebut, bahwa prasasti Sukabumi di tulis pada tanggal 25 Maret tahun 804 Masehi.
Prasasti Sukabumi merupakan piagam yang pertama memakai Bahasa Jawa Kuno (Kawi), dan sejak saat itu Bahasa Jawa Kuno dipakai dalam kebanyakan dokumen resmi. Berdasarkan hal itu maka Prasasti Sukabumi atau tanggal 25 Maret 804 dianggap sebagai tonggak yang mengawali sejarah Bahasa Jawa Kuno (Bahasa Kawi).
Bukti tertulis lainnya tentang sejarah Bahasa Kawi adalah berupa naskah Candakarana. Prof Dr. RMG Poerbatjaraka, dalam bukunya Kepustakaan Jawa menyimpulkan bahwa naskah yang tertua adalah Candakarana. Naskah ini berisi pengetahuan tentang bagaimana membuat Kakawin (Syair Jawa Kuna) dan daftar kata-kata Kawi (Kamus Kawi). Naskah ini disebut naskah tertua karena di dalamnya disebut-sebut seorang raja keturunan Syailendra yang mendirikan Candi Kalasan + tahun 700 Saka atau tahun 778 Masehi.

3 komentar:

  1. saya juga ada mata kuliah basa kawi, tetapi dosen saya hanya menerangkan kosa kata setiap kali pertemuan, jadi kalo saya ditanya sejarah atau perkembangannya saya tidak tahu. maka setelah saya membaca blog ini, sedikit menambah wawasan saya. trims :)

    BalasHapus
  2. begitu juga dengan saya,.. untung ada blog ini jadi masih dapat wawasan juga

    BalasHapus
  3. Perkembangan bahasa Kawi dan bukti peninggalannya?

    BalasHapus