Rabu, 15 Desember 2010


Wayan Simpen AB. dalam bukunya Riwayat Kesusastraan Jawa Kuna mengklasifikasikan kesusastraan Kawi atas lima bagian sebagai berikut:
(1) Zaman sebelum abad ke-9 (Zaman prasejarah sastra Kawi)
Kehidupan bersastra pada zaman sebelum abad ke-9 diduga zaman karya sastra Jawa Kuna lisan. Cerita-cerita diwariskan secara lisan
(2) Zaman Mataram
Zaman ini mulai abad ke 9 -10, yaitu zaman memerintahnya Mpu Sindok (tahun 925-962 Masehi), di Mataram sampai zaman Raja Dharwangsa Teguh (tahun 991-1007 Masehi). Pada masa ini lahir karya sastra prosa dan Kakawin Rãmãyana.
(3) Zaman Kediri
Dimulai dari bertahtanya raja Kediri Prabu Airlangga (1019- 1049) masehi sampai masa pemerintahan raja Kertanegara (1268- 1292) Masehi di Singasari. Karya sastra Kawi yang lahir pada masa ini adalah karya sastra yang tergolong bertembang.
(3) Zaman Majapahit I
Periode ini diawali sejak lahirnya kerajaan Majapahit (1239 Masehi) sampai kerajaan mencapai puncak keemasannya yaitu masa bertahtanya Hayam Wuruk (1350-1389 Masehi). Karya sastra Kawi yang lahir pada masa ini adalah Brahmãódapurãóa, Sutasoma, dan Pãrthayajna.
(5) Zaman Majapahit II
Zaman ini mulai dari bertahtanya Wikrama Wardana (1389-1482 Masehi) sampai runtuhnya kerajaan Majapahit (1518 Masehi). Karya-karya yang lahir pada periode ini antara lain: Kakawin Nitiúãstra, Nirartha Prakerta,
Dharmaúunya, Hariúraya.
Pada zaman peralihan (abad ke-16) disebut-sebut seorang pujangga keraton Majapahit yang gemar mengembara di pesisir pantai dan di gunung-gunung (nyagara -giri). Beliau adalah Dang Hyang Nirartha. Pada tahun 1489 Masehi beliau pindah ke Bali. Bekas-bekas pesanggrahan beliau kini menjadi tempat suci (pura ) di Bali yaitu : Pura Purancak, Rambut Siwi, Tanah Lot, Peti Tenget, Uluwatu, Nusa Dua, Sakenan, Masceti, Air Jeruk, Batu Klotok. Di tempat-tempat ini beliau menikmati keindahan, dan menciptakan karya sastra. Karya sastra beliau antara lain: Kidung Rasmi Sancaya, Edan Lalangon, Kakawin Anyang Nirartha, Kakawin Mayadanawantaka, Kakawin Nirarta Prakerta, Nitisastra, Dharma Sunya.
Setelah runtuhnya Kerajaan Majapahit Kesusastraan Kawi berkembang di Bali, yaitu pada zaman Kerajaan Gelgel dengan rajanya yang bertahta pada saat itu Raja Waturenggong. Di Bali sastra Kawi mendapat tempat istimewa di kalangan pecinta sastra. Mereka yang tergabung dalam sekaa Mabebasan atau sekaa Makakawin dan Pasantian dengan tekun membaca, memahami dan mengupas hasil sastra Kawi secara mendalam. Di samping itu mereka menciptakan karya-karya sastra baru yang bersumber dari karya-karya yang telah ada sebataudandengan tekun membaca, memahami dan mengupas hasil sastra Kawi secara mendalam. Di samping itu mereka menciptakan karya-karya sastra baru yang bersumber dari karya-karya yang telah adaebataudandengan tekun membaca, memahami dan mengupas hasil sastra Kawi secara mendalam. Di samping itu mereka menciptakan karya-karya sastra baru yang bersumber dari karya-karya yang telah adaelumnya. Sistem pendidikan tradisional ini dikenal dengan istilah malajah sambilang magending atau magending sambilang malajah. Ada Dua tokoh terkenal yang lahir dari sistem tradisional ini yaitu:
(1)   Ida Padanda Made Sidemen (Wafat th 1984) dengan karya sastranya antara lain: Purwadigama (Siwagama), Kakawin Gayadijaya (Kakawin Cantaka, Kakawin Candra Bherawa (Kakawin Dharmawijaya), Kakawin Singhalayangyala, Kakawin Kalpasanghara, Kidung Pisaca Harana, Geguritan Panitip, dll.
(2)   Ida Ketut Jelantik (wafat tanggal 18 -November 1961). Karya-karya beliau adalah; Geguritan lokika, Geguritan Sucita Subudi, Geguritan Bhagawadgita, Satua Men Tingkes, Sebuah Kitab Tattwa (Filsafat) yaitu Aji Sangkya. Kitab ini merupakan ringkasan dari ajaran Siwa Tattwa yang tertuang dalam lontar-lontar yang tersimpan di Bali

4 komentar:

  1. maf bu, sy ingin download materi. terima kasih.

    BalasHapus
  2. Saya sangat tertarik dengan materi yang anda bagikan. Saya ingin bertanya bu, buku karangan Zoetmulder yang menjelaskan tentang bahasa kawi berjudul apa ya bu? dan di mana saya bisa mendapatkannya? Mohon balasannya. Terimakasih :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. kalau boleh tau, sumbernya dari mana ya? kebetulan saya sedang mengerjakan skripsi terkait bahasa kawi. apa ada bukunya?

    BalasHapus